RESEARCH GROUP BIOPEPTIDA, PERANGKAT DETEKSI MEDIS dan VAKSIN
Ditulis pada tanggal 6 March 2021, oleh Dyah Kinasih Wuragil, pada kategori Berita

Penyakit Tiroid Autoimun (PTA) merupakan gangguan metabolik yang asimptomatis, sulit dideteksi dan berdampak pada komplikasi penyakit lain. Penyakit PTA pada ibu hamil dapat menyebabkan gangguan seperti penurunan IQ, stunting, berat bayi rendah sampai keguguran berulang.

Biodet-Vaksin sebagai salah satu pusat studi pengembangan perangkat deteksi membuat inovasi alat deteksi dini penyakit TPA untuk ibu Hamil. Karya inovasi ini terpilih sebagai salah satu Inovasi Indonesia 2020 yang diselenggarakan oleh Bisiness Innovation Center. Total inovasi yang terpilih sebanyak 112 dari 412 proposal yang diajukan.

Deteksi dini PTA ini berbasis biomarker TPO dan TSHR dalam bentuk Rapid test PTA dengan teknik Reverse Immunochromatography. Teknik ini menggantikan teknik ELISA yang lebih mahal. Rapid test ini memiliki sensitivitas dan spesifitas tinggi. Keunggulan lain Rapid test ini hanya diperlukan sedikit sampel uji (<20┬ÁL), waktu uji cepat, ekonomis serta dikemas dalam set praktis sehingga stabil dan mudah digunakan.

Rapid Test PTA berpotensi melakukan deteksi penyakit PTA secara massal untuk mendukung program pembangunan kesehatan dengan fokus utama angka kematian ibu dan bayi, serta menurunkan prevalensi stunting. Teknologi deteksi cepat dengan biaya lebih ekonomis ini akan dapat diaplikasikan ke layanan kesehatan primer karena tidak bergantung pada sarana laboratorium berteknologi canggih.

Back to top